Guru merupakan garda depan dalam upaya meningkatkan mutu
pendidikan di Indonesia. Penelitian terhadap keberadaan guru, profesionalitas,
status, kualitas, dan kuantitasnya selalu menjadi bahan diskusi yang menarik di
kalangan para praktisi pendidikan, birokrat, maupun para akademisi. Salah satu
isu penting mengenai guru di Indonesia ialah keberadaan guru tidak tetap. Buku
ini menyajikan analisis terhadap tren perkembangan guru tidak tetap antar-tahun
dan antar-provinsi, kemudian juga dikaitkan dengan persentase guru layak
mengajar, rasio siswa terhadap guru, rasio rombongan belajar terhadap guru,
rasio siswa terhadap guru, rasio guru terhadap sekolah serta pergerakan jumlah
lulusan. Di samping itu, peneliti juga melakukan penelusuran informasi dari berbagai
stakeholders terkait profil, kebijakan pada level daerah, isu-isu yang
berkembang, serta potensi masalah keberadaan guru tidak tetap tersebut secara bottom
up. Buku ini diharapkan dapat memberikan informasi yang komprehensif
terkait keberadaan guru tidak tetap, sehingga dapat menjadi acuan bagi
institusi atau lembaga terkait dalam menentukan kebijakan rekrutmen,
pengelolaan, serta pembinaan berkelanjutan bagi guru tidak tetap pada jenjang
pendidikan dasar.