logo-tut-wuri

Kebijakan Integratif dalam Penyelenggaraan PAUD di Masa Pandemi

Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) melakukan upaya peningkatan kesiapan orang tua dan guru melalui penyamaan visi, kesepakatan bersama antara orang tua dan guru, serta penentuan kriteria keberhasilan pembelajaran. Namun dalam praktiknya, masih ditemui orang tua yang tidak sepenuhnya memahami konsep pembelajaran PAUD, khususnya terkait tuntutan pada anak untuk bisa menguasai kemampuan baca, tulis, dan hitung (calistung) secara cepat.

Perencanaan pembelajaran dilakukan dengan mempertimbangkan kondisi masing-masing wilayah, namun lembaga di luar Pulau Jawa umumnya terkendala jaringan dan keterbatasan informasi terkait modul pembelajaran yang sudah disiapkan oleh Kemendikbud. Dalam pelaksanaan pembelajaran, masih banyak guru yang menggunakan lembar kerja siswa (LKS) sehingga kurang mendorong kreativitas siswa. Begitu pun dengan evaluasi, masih ada guru yang kurang tepat memaknai umpan balik dan refleksi pembelajaran.

Hambatan penyelenggaraan PAUD di masa pandemi mencakup penurunan tingkat partisipasi pada PAUD, keterbatasan SDM, infrastruktur, dan hambatan aktivitas pembelajaran oleh lembaga sehingga memerlukan dukungan berbagai pihak.

Kategori
Pendidikan
Tahun Terbit
2021
Tautan Unduh
Bagikan Laman Ini