logo-tut-wuri

Mengatasi Hambatan Aktivitas Literasi di Tengah Pandemi

Kondisi pandemi COVID-19 menyebabkan berbagai prakarsa pemerintah untuk meningkatkan aktivitas literasi praktis terhenti. Menghadapi tantangan ini, berbagai inovasi dan kolaborasi justru muncul. Risalah kebijakan ini merekam ragam inovasi dan kolaborasi di satuan pendidikan, komunitas, dan pemerintah daerah. Agar Prakarsa tersebut lebih optimal, terdapat dua poin rekomendasi. Pertama, pandemi menjadi momentum untuk mendorong akselerasi pemanfaatan media digital dalam kegiatan literasi. Jika sebelumnya kegiatan literasi lebih banyak dilakukan secara konvensional (secara tatap muka dan melalui media cetak), maka sumber-sumber digital dan berbagai kegiatan secara virtual perlu digalakkan untuk menggiatkan kegiatan literasi. Kedua, perlunya kolaborasi agar kegiatan literasi dapat bertahan dan berkembang. Selama pandemi, berbagai kolaborasi perlu diperkuat dalam bentuk memberikan pendampingan dalam kegiatan literasi, menyediakan akses bacaan dan bahan pembelajaran, serta akses internet untuk pembelajaran.

Kategori
Pendidikan
Tahun Terbit
2022
Tautan Unduh
Bagikan Laman Ini