Pembekalan Peneliti Lapangan Evaluasi SMK Pusat Keunggulan

Jakarta, PSKP – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) berupaya meningkatkan capaian hasil belajar siswa melalui berbagai kebijakan dan program, salah satunya Program SMK Pusat Keunggulan (SMK PK) yang menyasar pendidikan vokasi.

Program SMK Pusat Keunggulan (SMK-PK) merupakan program pengembangan SMK dengan kompetensi keahlian tertentu untuk meningkatkan kualitas dan kinerja yang diperkuat melalui kemitraan dengan dunia usaha, dunia industri, dan dunia kerja. Lewat program ini diharapkan SMK dapat menjadi rujukan pusat peningkatan kualitas dan mampu melakukan pengimbasan kepada SMK lainnya.

Selain itu, program SMK PK merupakan katalis dari perwujudan visi pendidikan yang di dalamnya terdapat penguatan kepala sekolah, pengawas sekolah, dan guru, penguatan kompetensi yang sesuai dengan kebutuhan dunia kerja, penguatan kualitas dan kegunaan sarana prasarana, manajemen sekolah berbasis data, serta pendampingan dari Perguruan Tinggi.

Perubahan yang diinisiasi melalui program SMK PK perlu diketahui dampaknya terhadap kualitas pembelajaran. Untuk itu, mengetahui perubahan yang terjadi pada sekolah-sekolah intervensi program, Pusat Standar dan Kebijakan Pendidikan (PSKP) melakukan Evaluasi Proses dan Konteks Perubahan SMK PK melalui studi etnografi.