logo-tut-wuri

Uji Publik RPM Penyelenggaraan Sekolah Rumah Tuntas di Tiga Kota

Pengunggah
-
Tanggal Terbit
2022-11-21
Bagikan Laman Ini

Uji Publik RPM Penyelenggaraan Sekolah Rumah Tuntas di Tiga Kota

 

PSKP – Pusat Standar dan Kebijakan Publik (PSKP) telah menuntaskan proses uji publik terhadap Rancangan Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (RPM) tentang Penyelenggaraan Sekolahrumah (homeschooling) di tiga kota, yakni di Medan dan Yogyakarta pada 3 November 2022 dan di Balikpapan pada 10 November 2022.

 

Penyusunan RPM Penyelenggaraan Sekolahrumah mulai dikawal oleh PSKP sejak akhir Agustus 2022. Dalam prosesnya, penyusunan naskah akademik hingga norma regulasinya dilakukan dengan melibatkan berbagai elemen, seperti praktisi sekolahrumah, akademisi, dan Kemendikbudristek.

 

Kepada tim penyusun RPM, Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan (BSKAP), Anindito Aditomo memberi arahan agar regulasi tentang penyelenggaraan sekolahrumah disesuaikan dengan substansi, semangat, dan filosofi sekolahrumah. “Regulasi ini menjadi panduan supaya praktik sekolahrumah betul-betul berkualitas dan  berorientasi pada kepentingan anak, sehingga akuntabilitas sekolahrumah diatur secara fleksibel dalam praktiknya agar tidak mengekang,” ujarnya.

 

Ditambahkan pula oleh Plt. Kepala PSKP, Irsyad Zamjani, bahwa melalui RPM ini, pemerintah ingin mendorong agar anak-anak yang dididik oleh keluarga mereka melalui sekolahrumah bisa mendapatkan pembelajaran berkualitas yang mendukung pengembangan potensi mereka sebagai individu maupun warga negara yang bertanggung jawab.



Sesi Diskusi Uji Publik RPM di Kota Yogyakarta

 

 

Urgensi dan Substansi RPM Sekolahrumah

Saat membuka kegiatan uji publik terakhir di Balikpapan, kepada pihak dinas pendidikan dan praktisi yang hadir, Nur Berlian Venus Ali selaku Koordinator Standar Tata Kelola, PSKP menjelaskan urgensi penyusunan regulasi ini.

 

Nur Berlian memaparkan indikasi meningkatnya jumlah pesekolahrumah dari waktu ke waktu, yang tersebar hampir di seluruh provinsi di Indonesia. Materi dan metode pembelajaran sekolahrumah sangat beragam, mulai dari yang sangat terstruktur sampai dengan yang sama sekali tidak terstruktur.