Prosiding Seminar Hasil Penelitian Kebijakan Pendidikan dan Kebudayaan: Kebijakan Berbasis Bukti untuk Memperkuat Kemerdekaan Belajar dan Ketahanan Budaya di Masa Pandemi (Buku 1)
Prosiding Seminar Hasil Penelitian Kebijakan Pendidikan dan Kebudayaan: Kebijakan Berbasis Bukti untuk Memperkuat Kemerdekaan Belajar dan Ketahanan Budaya di Masa Pandemi (Buku 2)
Membentuk Warga Negara yang Demokratis: Konstruksi Literasi Kewargaan dalam Mata Pelajaran PPKn
Kajian Akademik Penyusunan Rancangan Peraturan Menteri: Standar Isi pada PAUD, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah
Kajian Akademik Penyusunan Rancangan Peraturan Menteri Standar Penilaian pada PAUD, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah
Kajian Akademik Penyusunan Rancangan Peraturan Menteri: Standar Kompetensi Lulusan pada PAUD, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah
Pembelajaran di Masa Pandemi: Dari Krisis Menuju Pemulihan
Adaptasi Ekosistem Sekolah Selama Belajar dari Rumah
Mengatasi Risiko Belajar dari Rumah
Siapkah Sekolah Untuk Dibuka Kembali?
Bantuan Kuota Internet dan Implikasinya bagi Pengalaman Belajar Mengajar
Menakar Efektivitas Tayangan Program Belajar dari Rumah melalui TVRI
Meningkatkan Kemampuan Literasi Dasar Siswa Indonesia Berdasarkan Analisis Data PISA 2018
Optimalisasi Penerapan Protokol Kesehatan dalam Pembelajaran Tatap Muka pada Masa Pandemi COVID-19
Mendorong Peningkatan Kesejahteraan Psikologis Siswa Selama Pandemi COVID-19
Mengoptimalkan Pemanfaatan Tayangan BDR Kemendikbud di Media Sosial: Saran Perbaikan Konten dan Promosi Tayangan
Indeks Biaya Pendidikan Provinsi - Kab/Kota Tahun 2019 (Lampiran Risalah Kebijakan Nomor 7, Juli 2021)
Mendorong Standar Biaya Operasional Non-Personalia Pendidikan yang Berkeadilan
Strategi Adaptasi Seniman dan Pelaku Industri Kreatif di Masa Pandemi COVID-19
Penggunaan Bahasa Ibu untuk Meningkatkan Literasi Dasar di Kelas Awal Sekolah Dasar
Mempersiapkan Sekolah Menghadapi Asesmen Kompetensi Minimum (AKM)
Mewujudkan Pembelajaran Aman dan Relevan bagi Penyandang Disabilitas pada Masa Pandemi COVID-19
Mengelola Keragaman Peserta Didik Pascazonasi
Meningkatkan Keterserapan Lulusan SMK dalam Dunia Industri dan Dunia Kerja
Sistem Penjaminan Mutu Pembelajaran Jarak Jauh di Perguruan Tinggi pada Masa Pandemi COVID-19
Pemulihan Pembelajaran: Waktunya untuk Bertindak
Learning Recovery: Time for Action
Implementasi Penilaian Hasil Belajar oleh Guru pada Siswa Sekolah Dasar
Survei Tayangan Program Belajar dari Rumah (BDR) melalui TVRI Periode Januari-Februari 2021
Rindu Belajar Tatap Muka: Seberapa Siap Sekolah Kita
Merawat Modal Sosial di Tengah Pandemi
Making History Together: Public History and Digital Memories During COVID-19
Transformasi Digital dalam Menunjang Pembelajaran Daring di Masa Pandemi dan Kesiapan New Normal
Pembelajaran Daring dan Kesehatan Mental Guru/Siswa di Masa Pandemi Covid-19
Seminar Hasil Penelitian Tahun 2020 Tahap I
Seminar Hasil Penelitian Tahun 2020 Tahap II
Lulusan Baru Perguruan Tinggi Indonesia di Masa Pandemi COVID-19: Adaptasi dan Resiliensi
Forum Komunikasi Pendidikan dan Kebudayaan: Kesiapan Sekolah dalam Penerapan Pembelajaran Tatap Muka
Diskusi Kebijakan Tematik: Krisis Kesantunan dan Pemanfaatan Media Digital pada Pelajar dan Mahasiswa
Bincang Bernas: Menulis Buku dari Hasil Penelitian
Bincang Bernas: Strategi Menulis di Media Massa
Bincang Bernas: Menulis Risalah Kebijakan (Policy Brief)
Bincang Bernas: Bahasa Tulis yang Baik dan Enak Dibaca
Menyemai Toleransi di Bangku Sekolah
Diskusi dan Peluncuran Buku: Membentuk Warga Negara yang Demokratis melalui Pendidikan
Pembelajaran di Masa Kelaziman Baru
Gen Z Dominan, Apa Maknanya bagi Pendidikan Kita?
Ilmuwan Perempuan Bergelut Antara Diskriminasi dan Ibuisasi
Normalisasi Sekolah

Deskripsi

Normalisasi terhadap kegiatan belajar mengajar di sekolah, patut diakui bukan hal mudah. Konsep kesehatan bukanlah teori yang perlu siswa hafalkan, melainkan dipahami dan diinternalisasikan dalam aktivitas keseharian.

Sumber

Koran Republika

Link

https://www.republika.id/posts/7011/normalisasi-sekolah
Berharap Banyak kepada Kepala Sekolah di Masa Pandemi

Deskripsi

Sebagai leader, kepala sekolah memikul tanggung jawab terhadap kenyamanan dan ketertiban lingkungan sekolah yang harus dirasakan oleh guru, peserta didik, dan orang tua; serta membangun atmosfir pendidikan yang memastikan peserta didik tetap mendapatkan pembelajaran meski di masa tanggap pandemi.

Sumber

Birokrat Menulis

Link

http://birokratmenulis.org/berharap-banyak-kepada-kepala-sekolah-di-masa-pandemi/
Sekolah Promosi Kesehatan dan Upaya Resiliensi Pendidikan di Tengah Pandemi

Deskripsi

Sekolah juga perlu berfokus pada pencapaian pendidikan kecakapan hidup antara lain mengenai kesehatan, untuk memberikan pengalaman belajar yang lebih bermakna bagi siswa, tanpa terbebani tuntutan menuntaskan seluruh capaian kurikulum

Sumber

Pusat Penelitian Kependudukan LIPI

Link

https://kependudukan.lipi.go.id/id/berita/53-mencatatcovid19/1018-sekolah
Survei: beban pendampingan belajar anak selama pandemi lebih banyak ke ibu ketimbang ayah

Deskripsi

Masyarakat sering menganggap bahwa undangan dari berbagai aktivitas tersebut hanya berlaku untuk ibu. Masyarakat sejak dulu mengasumsikan bahwa dalam konteks pendidikan, orang tua dimaknai sebagai ibu semata.

Sumber

The Conversation

Link

https://theconversation.com/survei-beban-pendampingan-belajar-anak-selama-pandemi-lebih-banyak-ke-ibu-ketimbang-ayah-143538
Kepsek dan Guru ‘Berleha-Leha’ Di Masa Pandemi? NO, WAY!!!
Catatan Pembelajaran Sekolah di Masa Pandemi: Bagian 1 – Kepala Sekolah, Guru, dan Siswa
Catatan Sekolah di Masa Pandemi: Bagian 2 – Ketika Sekolah Bersiap Belajar Tatap Muka
Melanjutkan Sekolah Daring
Sekolah boleh buka kembali pada tahun 2021: mengapa ini dilakukan dan apa yang perlu disiapkan
Quo Vadis Sumenep sebagai Kota Keris Indonesia?

Deskripsi

Pasca pengakuan keris Indonesia oleh UNESCO, dunia perkerisan berkembang dengan pesat di hampir seluruh daerah yang memiliki tradisi penggunaan keris. Salah satu terobosan yang menarik dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Sumenep yang mendeklarasikan diri sebagai Kota Keris Indonesia pada tanggal 9 November 2014.

Sumber

Kumparan

Link

https://kumparan.com/pandangan-jogja/opini-quo-vadis-sumenep-sebagai-kota-keris-indonesia-1vukV9kbVqo
Hak Anak dalam Pendidikan Kita: Refleksi Menjelang Hari Anak Nasional
Distraksi dan Privasi: Memakai Youtube dan Media Sosial dalam Pembelajaran Punya Potensi Buruk pada Anak
Belajar dari Taiwan dan Panggungharjo dalam Menghadapi Pandemi
Diskusi Tematik “Rindu Belajar Tatap Muka: Seberapa Siap Sekolah Kita?”
Membentuk Peneliti Adaptif melalui Lokakarya Penelitian di Masa Pandemi
Mulai Menulis dan Melatih Otot Kepenulisan
Santun dalam Memanfaatkan Media Digital
Strategi Menulis Buku dari Hasil Penelitian
Menyampaikan Rekomendasi Hasil Penelitian melalui Risalah Kebijakan
Menulis yang Baik dan Enak Dibaca
Menyemai Toleransi dalam Dunia Pendidikan
Tradisi Halalbihalal Memperkuat Silaturahmi Keluarga Puslitjak
Pendidikan sebagai Penjaga Demokrasi
Bantuan Kuota Data Internet Dilanjutkan, Pembelajaran Lebih Optimal
Merdeka Belajar Episode 17: Revitalisasi Bahasa Daerah
Diskusi Tematik Pendidikan: Rindu Belajar Tatap Muka, Seberapa Siap Sekolah Kita?
Ngobrol Budaya: Mengurai Tantangan Pendidikan di Masa Pandemi
Diskusi Tematik: Beradaptasi dengan Kurikulum dan Cara Belajar dalam Kondisi Darurat
Seminar Hasil Penelitian Tahun 2020 Tahap I
Seminar Hasil Penelitian Tahun 2020 Tahap II
Krisis Kesantunan dan Pemanfaatan Media Digital pada Pelajar dan Mahasiswa
Menyemai Toleransi di Bangku Sekolah
Diskusi dan Peluncuran Buku: Membentuk Warga Negara yang Demokratis
Diskusi dan Peluncuran Buku: Membentuk Warga Negara yang Demokratis
Diskusi dan Peluncuran Buku: Membentuk Warga Negara yang Demokratis
Call for Papers: Jurnal Penelitian Kebijakan Pendidikan dan Jurnal Kebudayaan
Pedoman Pelaksanaan Penelitian Tahun 2021
Pengumuman Hasil Seleksi Proposal Penelitian Kebijakan Tahun 2021
Rekrutmen Terbuka Peneliti Lapangan Evaluasi Proses dan Konteks Perubahan Program Sekolah Penggerak
Pengumuman Penutupan Lebih Awal Rekrutmen Peneliti Lapangan Evaluasi Proses dan Konteks Perubahan Program Sekolah Penggerak
Pengumuman Penerimaan Proposal Penelitian Tahun 2021 Tahap II
Pedoman Pelaksanaan Penelitian Tahun 2021 Tahap II
Pengunduran Pengumuman Seleksi Proposal Penelitian Tahap II
Hasil Seleksi Proposal Penelitian Eksternal Tahap II Tahun 2021
Hasil Seleksi Administrasi Calon Peneliti Lapangan Evaluasi Proses dan Konteks Perubahan Program Sekolah Penggerak
Hasil Seleksi Wawancara Calon Peneliti Lapangan Evaluasi Proses dan Konteks Perubahan Program Sekolah Penggerak
Call for Paper: Jurnal Penelitian Kebijakan Pendidikan
Call for Paper: Jurnal Kebudayaan
Call for Paper: Jurnal Penelitian Kebijakan Pendidikan 2023