Kembali ke Atas

Info Terkini

Menentukan Arah melalui Sinkronisasi Program dan Kegiatan Pusat Standar dan Kebijakan Pendidikan 2023

Bogor, PSKP - Pusat Standar Kebijakan dan Pendidikan (PSKP) mengadakan kegiatan Sinkronisasi  Program dan Kegiatan Pusat Standar dan Kebijakan Pendidikan pada 1 s.d 3 April 2023 di Hotel Alana, Sentul. Kab. Bogor. Kegiatan dihadiri oleh Irsyad Zamjani selaku Plt. Kepala PSKP,  Tri Maulana dan Ingga Vistara dari INOVASI,  serta seluruh pegawai Pusat Standar dan Kebijakan Pendidikan.

Pelaksanaan kegiatan ini bertujuan untuk menyelaraskan program-program PSKP yang akan dilaksanakan dan berbagi informasi terkait kegiatan PSKP pada tahun 2023. 

Harapannya, seluruh kegiatan yang akan kita laksanakan dapat selaras dan mencapai satu tujuan yang sama, ujar Andry Rihardika selaku Kepala Subbagian Tata Usaha PSKP ketika memaparkan laporan pelaksanaan kegiatan.

Kegiatan ini merupakan lanjutan dari Pertemuan Strategis PSKP tahun 2022 di mana pada kegiatan tersebut PSKP melakukan refleksi atas kegiatan yang telah berjalan selama tahun 2022. Irsyad Zamjani selaku Plt. Kepala PSKP menegaskan, kegiatan sinkronisasi ini diperlukan untuk melakukan perencanaan program dan kegiatan yang perlu dilaksanakan secara bersama-sama dalam mengawal program dan kebijakan Kemendikbudristek, khususnya terkait transformasi pendidikan. Transformasi pendidikan yang telah berjalan selama hampir empat tahun, saat ini sudah mulai digalakkan dan PSKP sebagai bagian dari Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan (BSKAP) turut ambil bagian penting dalam transformasi tersebut. Irsyad Zamjani berpesan agar PSKP dapat menyadari peran tersebut dalam melakukan perumusan program dan perencanaan kegiatan, sehingga dapat terus berjalan selaras dengan harapan dan tujuan Kemendikbudristek.

Mari buat rencana kegiatan yang memang relevan dengan tujuan dan peran kita di PSKP dalam mendukung transformasi pembelajaran, pesan Irsyad Zamjani pada akhir sambutannya.

Sambutan dan Pembukaan oleh Plt. Kepala Pusat Standar dan Kebijakan Pendidikan, Irsyad Zamjani

Pada hari kedua, kegiatan dilanjutkan dengan paparan desain dan linimasa kegiatan dari masing-masing tim di bawah empat substansi yang ada di PSKP. Paparan desain dan linimasa kegiatan dipandu oleh para koordinator substansi, yaitu Nur Berlian Venus Ali (Koord. Substansi Standar Tata Kelola), Ikhya Ulumudin (Koord. Substansi Standar Pembelajaran), Fransisca Nuraini Krisna (Koord. Substansi Evaluasi Kebijakan dan Pendidikan), dan Lukman Solihin (Koord. Substansi Analisis dan Advokasi Kebijakan).  Paparan yang disajikan meliputi latar belakang kegiatan, tujuan kegiatan, perumusan masalah, metode pelaksanaan kegiatan, serta linimasa kegiatan pada tahun 2023.

               Paparan Tim dari Substansi Evaluasi Kebijakan dan Pendidikan


Tri Maulana dan Ingga Vistara dari INOVASI yang turut hadir dalam kegiatan ini, ikut serta dalam memberikan komentar serta masukan dari desain dan linimasa kegiatan yang dipaparkan. Komentar serta masukan tersebut disambut dengan antusias oleh para ketua tim sebagai bahan perbaikan dan pengembangan desain kegiatan yang telah dirancang

   
 Tri Maulana dan Ingga Vistara dari INOVASI

Kegiatan berjalan lancar dengan tingkat partisipasi dan antusiasme yang tinggi dari peserta. Kegiatan kemudian ditutup oleh Anindito Aditomo selaku Kepala BSKAP dengan pemberian arahan bagi PSKP. Kegiatan Sinkronisasi Program dan Kegiatan Pusat Standar dan Kebijakan Pendidikan 2023 diharapkan dapat menjadi awal mula 2023 yang baik bagi PSKP untuk terus mendukung dan mengawal program serta kebijakan Kemendikbudristek. (Salsabila Nur Afifah Chairunnisa)